Jumat, 07 April 2017

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Cara Alami  Halitosis, atau bau napas tak sedap adalah kondisi di mana seseorang menghasilkan bau napas yang tidak sedap dari mulutnya. “Napas pagi hari” yang dimiliki sebagian besar orang saat bangun tidur bukanlah halitosis. Halitosis juga tak sama dengan napas bau yang dihasilkan lima menit setelah kamu menyantap makanan eksotis yang mengandung banyak rempah-rempah. Halitosis yang sebenarnya adalah bau napas membandel yang tidak hilang meski sudah menggosok gigi, flossing dan berkumur. Bau napas tak sedap dapat membuat seseorang merasa minder dan malu, bahkan banyak penderita yang tidak mengaku pada dokter gigi bahwa mereka mengalaminya. Namun ini adalah sesuatu yang lumrah, dan karenanya sangat mungkin dapat diobati.

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Mudah

Perlu dicatat, bau mulut sendiri disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari rokok, sariawan, jarangnya membersihkan mulut sampai salah makan. Penangan tiap penyebab umumnya berbeda-beda. Jadi, untuk efektivitas proses, pastikan Anda tangani bau mulut sesuai dengan penyebabnya.
Di samping mempertimbangkan penanganan yang disesuaikan dengan penyebab, Anda juga harus memastikan kalau penanganan yang Anda lakukan adalah penangan yang tepat.
Nah, untuk Anda yang tau bagaimana cara menghilangkan bau mulut dengan cepat, tepat dan mudah? Berikut kami paparkan beberapa untuk Anda. Semoga dengan pemaparan ini Anda makin paham dan tahu bagaimana cara menghilangkan bau mulut yang paling tepat.

1. Menggosok Gigi Secara Rutin Sehari 2-3x 

Karena sebagian besar kasus halitosis berasal dari dalam mulut, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi ulang teknik menggosok gigi dan berkumur. Meski membersihkan gigi itu penting, yang terutama adalah kamu memberi perhatian ekstra pada lidah - di sinilah bakteri dalam jumlah besar berkumpul, dan menyebabkan bau napas tak sedap. Gosoklah lidah, lalu floss dan kumur. Ingat bahwa menggosok gigi saja hanya membersihkan 25% area mulutmu. Tambahkan berkumur guna membersihkan seisi mulutmu.
Ada beberapa gerakan gosok gigi dalam cara menghilangkan bau mulut ini, seperti gerakan vertikal, horizontal dan semacamnya.
Pun dengan intensitas. Seorang yang memiliki masalah dengan bau mulut, Ia harus menggosok gigi sedikitnya 2 – 3 kali dalam sehari, bahkan lebih. Tergantung dari seberapa parah bau mulut yang Ia miliki. Durasi menggosok gigi pun harus diperhatikan. Pastikan durasi gosok gigi ideal, tidak terlalu lambat atau pun cepat.

2. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur umumnya mengandung anti bakteri yang bagus untuk menghilangkan bau mulut, khususnya bau mulut yang diakibatkan oleh bakteri. Asal digunakan secara rutin, obat ini akan membunuh bakteri dan menghilangkan bau mulut yang Anda derita.
Pada pelaksanaannya, cara menghilangkan bau mulut ini biasa diterapkan setelah atau sebelum gosok gigi.
Tapi perlu Anda ingat, sebagaimana berkumur pada umumnya, metode ini baiknya diterapkan setelah gosok gigi. Kenapa? Karena di samping baik secara prosedural, sisa-sisa kotoran yang terangkat oleh gerakan gosok gigi pun akan terbersihkan dengan cara ini.
Di sisi lain, di samping memperhatikan waktu berkumur, Anda juga harus memilih, mana obat kumur yang tepat untuk Anda.
Karena seperti yang Anda tahu, beberapa obat kumur mengandung alkohol. Sedang sisanya mengandung zat kimia yang beraksi keras pada mulut. Jadi, demi kelancaran cara menghilang bau mulut ini, dan demi kebaikan Anda, pilihlah obat kumur yang tepat. Obat kumur yang sekiranya tidak membuat Anda sakit atau merasa tidak nyaman.

3. Mengunyah Permen Karet

Jika Anda tak sempat gosok gigi atau berkumur, Anda bisa menggunakan cara yang satu ini. Kenapa? Karena di samping baik, cara menghilangkan bau mulut ini juga mampu menghilangkan bakteri dan kotoran penyebab bau mulut.
Namun perlu diingat, tidak semua permen karet bisa Anda gunakan dalam metode yang satu ini. Hanya permen karet bebas gula dan tawar saja yang bisa untuk digunakan.
Permen karet umumnya bersifat pembersih. Ia akan mengangkat kotoran yang ada di sela-sela gigi dan gusi. Walau tak seefektif gosok gigi dan berkumur, setidaknya cara ini bisa Anda jadikan alternatif untuk mengurangi bau mulut.

4. Perbanyak Konsumsi Buah Yang Kaya Vitamin C

Cara menghilangkan bau mulut ini nampaknya tak begitu populer. Walau demikian, jika diterapkan secara rutin, cara ini akan sangat efektif dalam mengurangi dan menghilangkan bau mulut itu sendiri.
Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah akan berguna sebagai penetral. Ia juga akan mengikis dan menghilangkan bau mulut secara perlahan.
Di sisi lain, aroma yang segar dan khas dari buah juga akan menyamarkan bau mulut yang Anda miliki. Jadi, semakin sering Anda mengonsumsi buah saat bau mulut, semakin tersamarkan pula bau mulut yang Anda miliki.
Nah, adapun buah-buah yang baik untuk dikonsumsi saat bau mulut adalah:
·         Alpukat
·         Strawberry
·         Lemon
·         Apel
·         Jeruk
·         Pir
·         Jambu biji

5. Menghindari Makanan Beraroma Menyengat 

Jika Anda memiliki bau mulut dan mengonsumsi makanan yang baunya menyengat, bisa dipastikan, bau mulut yang Anda miliki pasti akan tambah parah. Bahkan mungkin jauh lebih busuk. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki bau mulut, pastikan untuk menghindari makanan yang beraroma menyengat, seperti:
·         Jengkol
·         Petai
·         Durian
Dengan menghindari makanan di atas, harapannya bau mulut Anda akan berkurang, bahkan hilang secara perlahan.
Tapi, di samping menghindari makanan-makanan di atas, Anda juga harus melakukan usaha lebih, seperti rajin menggosok gigi, berkumur dan membersihkan lidah dari kotoran.
Asalkan cara menghilangkan bau mulut ini dipadukan dengan kegiatan di atas, bukan tidak mungkin, bau mulut yang Anda alami akan hilang dalam hitungan jam.

6. Mengonsumsi Green Tea baik untuk menghilangkan bau mulut karena mengandung Catechin Sebagai Pembunuh Bakteri

Seperti yang sudah Anda ketahui, bau mulut umumnya disebabkan oleh bakteri dan kuman. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan green tea yang kaya akan catechin.
Catechin sendiri adalah senyawa aktif yang bagus untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Nah, dengan kandungannya tersebut, green tea sangat dianjurkan untuk mereka yang punya masalah dengan bau mulut. Asalkan dikonsumsi minimal 2 – 3 kali per hari, bau mulut yang Anda miliki akan hilang seutuhnya.
Tapi Anda juga harus ingat, cara menghilangkan bau mulut ini baiknya disandingkan dengan pola hidup bersih.
Yang dimaksud pola hidup bersih di sini adalah pola hidup yang merujuk pada kebersihan diri. Seperti rajin membersihkan gigi, berkumur atau pun menggosok gigi sebagai upaya untuk menghindarkan mulu dari bahaya kuman dan bakteri.

7. Jika Semua Cara Diatas Tidak Berfungsi Maksimal, Maka Pilihan Terakhirnya adalah Mengunjungi Dokter

Jika situasi tak juga membaik, langkah berikutnya adalah menemui dokter gigi. Jangan takut atau malu menceritakan rahasiamu dengan seorang profesional yang memiliki lisensi. Mereka akan dapat mendiagnosa dan mengobati penyebab masalah bau napas tak sedap. Bau mulut memang perkara ringan. Tapi, jika semua penanganan yang kita lakukan tak kunjung berpengaruh, besar kemungkinan kalau bau mulut yang Anda miliki adalah dampak atau efek dari sebuah penyakit.
Oleh sebab itu, jika Anda mendapati bau mulut yang menbandel, segeralah cek ke dokter. Siapa tahu itu adalah gejala atau dampak dari sebuah penyakit yang serius.
Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut yang paling cepat dan tepat. Asal diterapkan dengan baik dan maksimal, bau mulut Anda pastikan akan hilang dalam hitungan cepat

Share by: Caramedis.com



0 komentar:

Posting Komentar