Rabu, 05 April 2017

Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Khas Musim Hujan

Musim hujan merupakan saat di mana bakteri dan virus sangat aktif. Ini berarti setiap orang menjadi rentan terhadap penyakit. Musim hujan memicu beberapa penyakit merebak. Kondisi cuaca bersuhu dingin, membuat anak lebih rentan terserang penyakit. Penyakit apa saja yang umum dialami anak saat musim hujan, dan bagaimana mencegahnya? 
Pilek dan flu (influenza) misalnya, merupakan penyakit yang paling umum selama musim hujan. Pilek dan flu disebabkan oleh virus, yang secara umum menyerang sistem pernapasan tubuh. Pilek dan flu merupakan penyakit yang berbeda walaupun memiliki gejala yang tampak mirip. Keduanya pun disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Serangan pilek dan flu tentu akan menganggu aktivitas anda sehari-hari. Selain itu gejalanya akan membuat tubuh menjadi sangat tidak nyaman. Untuk itu, lebih baik untuk mencegahnya selagi belum terjangkit. Dan berikut ini adalah beberapa cara efektif untuk mencegah serangan pilek dan flu.

Minum Air Yang Cukup

Konsumsi air minum yang cukup merupakan cara yang sangat baik untuk mencegah pilek dan flu di musim hujan. Air akan mendorong material jahat dan bakteri keluar dari tubuh melalui urine. Menjaga kadar cairan tubuh tetap normal adalah cara paling alami untuk mempertahankan ketahanan tubuh terhadap penyakit. Minumlah 8 hingga 10 gelas air putih dalam sehari untuk membuat tubuh anda tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari.
Konsumsi Buah dan sayuran
Selalu lebih baik untuk menjaga kesehatan tubuh melalui cara yang alami, dan itu bisa diraih melalui asupan diet yang sehat. Buah dan sayuran adalah yang paling efektif untuk meraihnya. Konsumsi buah dan sayuran akan meningkatkan sistem pertahanan tubuh secara signifikan, dan tentu sangat membantu untuk mencegah serangan pilek dan flu di musim hujan. Buah-buahan citrus (jeruk, lemon, dll) dan sayuran berdaun hijau sangat baik untuk mencegah pilek dan flu. Selain dapat memenuhi asupan nutrisi harian tubuh, buah dan sayuran juga akan menjaga tubuh tetap terhindar dari banyak serangan penyakit.

Asupan vitamin C

Virus dan bakteri akan mudah menginfeksi ketika tubuh berada dalam level imun yang rendah. Cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi vitamin C, baik itu melalui suplemen ataupun melalui buah-buahan.
Vitamin C juga disebut Ascorbic Acid, yang secara alami dapat ditemukan di buah-buahan citrus seperti jeruk, jambu, lemon, kiwi, dan lain sebagainya. Jus jeruk segar tentu pilihan yang baik dan nikmat untuk mencegah penyakit di musim hujan.

Tidur yang cukup

Istirahat malam yang cukup sangat penting untuk menjaga ketahanan tubuh terhadap penyakit. Kurang tidur membuat banyak fungsi tubuh bekerja tidak maksimal, termasuk dalam hal melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri. Tidur 7-8 jam di malam hari merupakan waktu yang disarankan untuk menjaga tubuh tetap sehat sepanjang hari dan tidak rentan tertular penyakit.

Olahraga Rutin
Olahraga juga memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit, termasuk pilek dan flu di musim hujan. Berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari akan membantu berbagai organ dalam tubuh berfungsi dengan baik. Faktanya, olahraga tidak hanya efektif untuk mencegah penyakit, namun juga untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara umum.


Itulah Beberapa Tips untuk Menjaga kesehatan tubuh kita yang sederhana tapi bermanfaat luar Biasa. 

0 komentar:

Posting Komentar